Cara Membuat dan Mendaftar NPWP

Cara membuat/mendaftar NPWP ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi sebagai seorang guru yang mengajar di kabupaten yang berbeda dengan domisili yang tertera pada KTP saya dan diharuskan untuk membuat NPWP. Harus kawan-kawan ketahui bahwa sampai saat ini untuk membuat kartu NPWP harus di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) domisili sesuai KTP. Tetapi Alhamdulillah sekarang sudah ada cara lain untuk mempermudah pendaftaran NPWP yaitu dengan cara registrasi secara On-line melalui E-Registration.
Untuk mendaftar secara On-line, pertama kalian harus punya E-mail. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1.      Buka link E-Registration.
2.      Pilih buat “New Account”
3.      Akan muncul kotak dialog pilihan seperti di bawah.
Username dan password diisi terserah sesuai keinginan anda 
Kolom yang berwarna merah tidak perlu di isi bila anda belum pernah mempunyai NPWP sebelumnya.
4.      Silahkan login menggunakan username dan password yang sudah anda buat tadi.
5.     Setelah login, anda akan dihadapkan pada kotak dialog seperti di bawah (pilih salah satu sesuai kebutuhan anda membuat NPWP, kalau saya kemarin memilih “orang pribadi”)
6. Dalam pengisian formulir terdapat 3 (tiga) kolom yaitu: kolom IDENTITAS UMUM, kolom KORESPONDENSI, dan kolom WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI.
7.  Pengisian kolom IDENTITAS UMUM : Untuk pengisian Kode wilayah klik tanda mata biru di samping kolom yang disediakan, dan untuk kolom Status usaha (bagi perorangan/pribadi) klik ‘karyawan yang tidak melakukan pekerjaan bebas’.
8.  Pengisian kolom KORESPONDENSI : Isi saja sesuai alamat domisili KTP, dan No.Telepon wajib di isi (kalau gak punya telepon, isi terserah saja angkanya).
9.  Pengisisan kolom WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI : Hanya mengisi Tanggal lahir danIdentitas pengenal (KTP beserta NIK).
10.  Setelah pengisian formulir selesai, tinggal klik Daftar.
11. Selanjutnya anda tinggal mencetak kedua berkas yang ada, yaitu Formulir Registrasi danSKTS (Surat Keterangan Terdaftar Sementara).
Pada bagian atas SKTS  anda dapat melihat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) mana yang sesuai dengan domisili anda beserta alamat lengkap kantornya. Dan juga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) anda.
Untuk mendapatkan kartu pemilik NPWP, anda harus menukarkan formulir tersebut ke KPP yang tertera di SKTS atau juga bisa mengirimkan formulirnya melalui kantor pos ke alamat KPP, tapi saya belum tahu apakah kartu akan dikirimkan oleh pihak KPP ke alamat anda atau tidak. Pengalaman saya kemarin datang ke KPP untuk menukarkan formulir (+Fotokopi KTP) cuma sekitar 5 menit. Inilah kenampakan kartu NPWP dan CD panduan yang diberikan secaraGRATIS!!

Semoga Informasinya bermanfaat bagi kawan-kawan semua :)


Komentar :

No Komen : 1
Replica Watches :: 17-03-2014 16:21:54
dgagaawg
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]